Wednesday, May 1, 2013

RESEP MARTABAK MANIS BANGKA

Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya tidaklah sulit. Bahan-bahan untuk membuat martabak manis Bangka bisa dikategorikan sebagai bahan-bahan yang juga sering digunakan untuk resep-resep membuat kue pada umumnya. Daripada berlama-lama penasaran, langsung saja menuju kepada pokok pembahasan kali ini, yaitu mengenai resep martabak manis khas Bangka yang terkenal lezat.

Bahan-bahan martabak manis Bangka:
4 sendok makan yeast atau ragi
1800 cc atau 2 butir air perasan kelapa (santan)
1 1/2 sendok teh garam yang dilarutkan dan dipanaskan dengan santan hingga hangat
1 1/2 kilogram tepung terigu
8 butir telur ayam
65 gram soda kue atau baking powder
1 1/2 sendok teh vanilla sebagai penambah aroma
1/2 kilogram mentega
150 gram kacang tumbuk kasar yang digoreng tanpa minyak (sangrai)
150 gram butiran coklat meisesv
1 kaleng susu kental manis
1/4 kilogram gula pasir taburan topping

Cara membuat martabak manis Bangka:

-Pertama-tama campurkan ragi atau yeast kedalam campuran larutan santan dan garam. Kemudian biarkan selama kurang lebih 20 menit dan tunggu hingga adonan mengeluarkan buih atau busa dan kemudian sisihkan.
-Ambil sebuah mangkuk atau wadah yang cukup besar untuk mencampur terigu dan telur. Setelah keduanya dicampurkan, kemudian mulailah mengaduknya secara perlahan-lahan.
-Tuang larutan santan yang tadi disisihkan kedalam adonan terigu dan telur secara perlahan-lahan lalu masukkan soda kue, vanilla dan 4-5 sendok gula pasir atau sesuai selera. Aduk hingga adonan terlihat mengental kemudian sisihkan.
-Langkah berikutnya adalah memanaskan loyang yang digunakan sebagai alat untuk mematangkannya. Gunakan loyang yang biasa digunakan untuk memasak martabak, kemudian olesi dengan sedikit mentega dan panaskan dengan api sedang.
-Tuang adonan secara perlahan-lahan kedalam loyang dengan ketebalan kurang lebih 1 centimeter. Biarkan adonan mulai mengeras dan hampir matang.
-Setelah itu kemudian taburkan kacang tanah, gula pasir, susu kental manis dan coklat meises kemudian lipat martabak dan sapukan mentega diatas permukaannya dengan menggunakan kuas atau pisau.
-Potong martabak menjadi 6 bagian kemudian hidangkan di piring selagi hangat.

No comments :

Post a Comment